Ayo gabung di kumpulblogger.com kemudahan mencari uang di dunia maya.

Assalamu'alaikum Wr.Wb., kurang lebih uda empat bulanan ane gak ada urus ini blok. Alhamdulillah yaa sesuatu, hihih ane sempatin posting kali untuk share mengenai Karel pada java.

Ini dia Deskripsi I : Anda diminta untuk membuat program java yang menggerakkan karel, kemudian menginstruksikannya untuk meletakkan sebuah beeper pada posisi langkah ganjil yang telah dirancang kondisinya. Untuk lebih memudahkan pengertian, langsung saja kita lihat screenshot permasalahannya di bawah ini.

Screenshot :



Deskripsi II : Pada gambar di atas, karel bekerja pada wilayah 7x5. Yang menjadi permasalah adalah Anda harus membuat program yang dapat bekerja pada semua wilayah atau universal (tidak hanya 7x5) tanpa harus mengubah isi program.

Untuk permasalahan di atas memiliki banyak cara penyelesaian. Meskipun cara yang diterapkan berbeda dengan cara yang saya bagikan pada postingan ini, tetapi hasilnya harus sama. Oleh karena itu, sebaiknya Anda mencobanya terlebih dahulu, kemudian membandingkannya dengan jawaban saya. Jadikan sebagai referensi. Oke!

Lihat source code :
import stanford.karel.*;

public class TugasKarel extends SuperKarel
{
 int i;
 public void run()
  {
   i=1;
   while(frontIsClear())
   {
    if(i%2!=0)
     putBeeper();
    move();
    i=i+1;
     if(facingEast() && frontIsBlocked())
     {
      if(i%2!=0)
       putBeeper();
      turnLeft();
      if(frontIsClear())
      {
       move();
       turnLeft();
      }
      i=i+1;
     } 
     else if(facingWest() && frontIsBlocked())
     {
      turnRight();
      if(frontIsClear())
      {
       move();
       turnRight();
      }
      i=i+1;
     }
   }
  }
 }

Lihat juga di bawah ini, output program dari source code di atas, langsung dari komputer saya. Oke!


Jika ada yang ingin ditanyakan, silahkan komentar di bawah ini.
Read more...

Jika ada suatu aplikasi yang telah terinstall di komputer Anda tanpa sepengetahuan Anda, boleh jadi komputer Anda telah terinfeksi spyware. Spyware itu adalah turunan dari adware, yang memantau aktifitas komputer yang terinfeksi spyware, kemudian memberikan "segudang informasi" hasil pemantauan kepada pemilik spyware.

Untuk mengatasi hal tersbut, Spybot - Search & Destroy dapat mendeteksi dan menghapus spyware, jenis ancaman yang relatif baru yang belum tercakup oleh aplikasi anti-virus umum. Jadi Anda tidak perlu takut.

Screenshot :


Jika Anda memiliki jiwa pengasih dan dermawan, Anda dapat melakukan donasi pada software tersebut. Donasi yang Anda berikan adalah untuk kemajuan software gratisan tersebut. Hmm tetapi, yang saya tahu, meski memberikan donasi ataupun tidak, fitur yang diberikan pada software ini tetap sama.

Bagaimana? Semua keputusan ada di tangan Anda, saya hanya bisa menyarankan agar Anda menambahkan pengamanan komputer Anda dengan software ini, gratisssan. Apalagi bagi Anda yang suka surfing di dunia internet. Bener gak? Hmm, baiklah bagi Anda yang berminat, di bawah ini akan saya bagikan link untuk mendownloadnya.



NB :
*)Pastikan pada saat menginstallnya, komputer Anda terhubung ke internet. Oke!
*)Setelah meng-klik link downloadnya, kemudian Anda klik kembali di sebelah pojok kanan atas "SKIP AD" dari site yang telah terbuka, maka Anda akan masuk ke link download sebenarnya. Maaf jika informasi ini merepotkan Anda sekalian.


=Semoga Bermanfaat=
Read more...

Postingan java programming kali ini masih tentang karel. Di sini saya akan bagikan kepada Anda mengenai permasalahan karel dengan tingkat kesulitan yang mudah. Sehingga bagi Anda yang baru memulai java, dapat mencoba untuk menyelesaikannya.

Deskripsi I : Anda diminta untuk membuat program java yang menggerakkan karel, kemudian menginstruksikannya untuk mengambil sebuah beeper pada titik tertentu yang telah dirancang kondisinya. Untuk lebih memudahkan pengertian, langsung saja kita lihat screenshot permasalahannya di bawah ini.


Deskripsi II : Gambar tersebut menjelaskan bahwa, ketika karel telah mengambil sebuah beeper, kemudian karel kembali ke tempat asal dimana karel itu berada pertama kali sebelum menerima instruksi apa pun.

Untuk permasalahan di atas memiliki banyak cara penyelesaian. Meskipun cara yang diterapkan berbeda dengan cara yang saya bagikan pada postingan ini, tetapi hasilnya harus sama. Oleh karena itu, sebaiknya Anda mencobanya terlebih dahulu, kemudian membandingkannya dengan jawaban saya. Jadikan sebagai referensi. Oke!

Lihat source code :
/*
 * File: CollectNewspaperKarel.java
 * --------------------------------
 * At present, the CollectNewspaperKarel subclass does nothing.
 * Your job in the assignment is to add the necessary code to
 * instruct Karel to walk to the door of its house, pick up the
 * newspaper (represented by a beeper, of course), and then return
 * to its initial position in the upper left corner of the house.
 */

import stanford.karel.*;

public class CollectNewspaperKarel extends SuperKarel {
 
 public void turnAround() {
  turnLeft();
  turnLeft();
  }
  
 public void turnRight() {
  turnAround();
  turnLeft();
  }
  
 public void run() {
  turnRight();
  move();
  turnLeft();
  for(int i=0;i<3;i++) {
  move();
   }
  pickBeeper();
  turnLeft();
  turnLeft();
  while(!frontIsBlocked()) {
   move();
   }
  for (int i=0;i<3;i++) {
   turnLeft();
   }
  move();
  for (int i=0;i<3;i++) {
   turnLeft();
   }
  }
}

Lihat juga di bawah ini, output program dari source code di atas, langsung dari komputer saya. Oke!


Jika ada yang ingin ditanyakan mengenai program di atas, Anda dapat memberikan komentar di bawah ini. Oke!
Read more...

Alamagz edisi maret telah resmi direlease. Kini alamagz tampil dengan desain yang lebih menarik. Semua informasi yang sedang buming dalam satu bulan ini dirangkum oleh majalah ini.

Sejak edisi perdana alamagz di release, saya benar-benar tertarik sekali dengan majalah tersebut. Selain mengingatkan saya akan akhirat, juga tidak lupanya majalah ini mengingatkan saya akan dunia. Benar-benar majalah yang dirancang dengan pola yang rapi. Langsung saja kita lihat screenshot-nya di bawah ini :


Alamagz ini dirancang oleh mahasiswa kreatif dari organisasi BKM Al-Khuwarizmi Ilmu Komputer USU. Benar-benar original. Saya sangat menyarankan kepada Anda sekalin untuk membaca artikel ini. Bermanfaat sekali informasi yang disampaikan. Cobain ya agan-agan.

Download di sini :
4Shared | Alamagz Magazine #1.exe (36 MB)


NB : Setelah meng-klik link downloadnya, kemudian Anda klik kembali di sebelah pojok kanan atas "SKIP AD" dari site yang telah terbuka, maka Anda akan masuk ke link download sebenarnya. Maaf jika informasi ini merepotkan Anda sekalian.

Sumber :
BKM Al-Khuwarizmi Ilmu Komputer USU


=Semoga Bermanfaat=
Read more...

Assalamu'alaikum Wr.Wb.. Postingan kali ini sangat unik. Di tengah-tengah pertarungan sengit melawan gempuran Mid Test, saya sempat-sempatnya untuk membagi informasi ini kepada Anda sekalin.

Apa itu ALAMAGZ? Adalah majalah elektronis berbasis flash (tebakan saya) yang menyajikan sejumlah informasi penyejuk hati dan pikiran. Mau baca artikel tentang agama? Ada di ALAMAGZ, mau baca artikel tentang IT, ada juga, mau info kesehatan, ada juga. Semuanya komplit ada di majalah elektronis ALAMAGZ.

Ini dia screenshotnya :


Selain itu, majalah ini juga didesain sangat interaktif banget. Hayoo buruan sedoot, gratisan lo. Mungkin dengan desainnya yang menarik, bisa menambah inspirasi Anda untuk membuat hal-hal yang baru.

Anda tertarik? Silahkan download di bawah ini.

Download di sini :
Mediafire | Alamagz Magazine #1.exe


NB : Setelah meng-klik link downloadnya, kemudian Anda klik kembali di sebelah pojok kanan atas "SKIP AD" dari site yang telah terbuka, maka Anda akan masuk ke link download sebenarnya. Maaf jika informasi ini merepotkan Anda sekalian.

Sumber :
BKM Al-Khuwarizmi Ilmu Komputer USU


=Semoga Bermanfaat=
Read more...

Yuk, nge-java lagi yuk. Nah kali ini, saya mengajak Anda untuk menyelesaikan permasalahan karel yang terbilang mudah, yah mudah tapi sulit juga. Gak usah lama-lama, silahkan buka eclipse-nya, okay.

Deskripsi I : Anda diminta untuk membuat sebuah program java yang menggerakkan karel maju ke depan, dan mengisi setiap celah di sebelah kanan karel dengan sebuah beeper. Jika tidak ada celah, maka karel tetap berjalan sampai ujung titik.

Untuk lebih memudahkan pengertian, langsung saja kita lihat screenshot-nya di bawah ini.


Deskripsi II : Program yang Anda buat harus sesuai dengan semua kondisi. Maksudnya adalah jika posisi letak celah berbeda dengan gambar di atas, maka karel tetap akan melakukan pengisian beeper pada celah dengan benar

Sebenarnya maksud deskripsi II itu adalah Anda harus bisa membuat algoritma yang berlaku secara universal. Wawaw, jangan khawatir, ini tantangan buat Anda.

Sebaiknya Anda mencobanya terlebih dahulu. Setelah itu Anda dapat membandingkannya dengan jawaban saya di bawah ini :

Lihat source code :
import stanford.karel.*;

public class RoadPavingKarel extends SuperKarel {
 
 public void fillHole() {
  turnRight();
  move();
  if (noBeepersPresent()) 
   putBeeper();
  turnAround();
  move();
  turnRight();
 }
 
 public void checkHole() {
  if (rightIsClear()) {
   fillHole();
  }
 }
 
 public void run() {
  while (frontIsClear()) {
   checkHole();
   move();
  }
  checkHole();
 }
}

Anda dapat langsung mencobanya. Untuk contoh di atas saya menggunakan software eclipse SDK. Dan silahkan lihat output programnya di bawah ini, langsung dari komputer saya.



Perhatikan :
1. Pada saat menyimpan, nama file *.javanya harus sama dengan nama yang ada di class-nya. Untuk kasus ini, public class DoublingKarel extends SuperKarel, berarti nama filenya yang kalian buat adalah DoublingKarel.java .

2. import stanford.karel.*; adalah header untuk karel, kalau di C++ seperti <iostream.h> yang fungsi anggotanya cin dan cout.

Jika ada yang ingin ditanyakan, atau Anda tidak paham bagaimana mengompile source code tersebut pada eclipse, silahkan beri komentar di bawah ini.


=Semoga Bermanfaat=
Read more...

Hayo semangat, posting java progamming kali ini masih tentang karel. Dengan masalah yang mudah, mudah tapi sulit. Deskripsi masalah yang saya angkat kali ini adalah soal UTS dari sekolah saya. Apakah Anda sudah siap?

Deskripsi I : Asumsikan karel berada pada kolom pertama, baris pertama. Tepat satu langkah di depan karel ada beepers. Persoalannya adalah Anda diminta untuk membuat program java yang menggerakkan karel tersebut satu langkah ke depan, kemudian menggandakan jumlah beepers yang ada dan meletakkan beepers hasil penggandaaan, lalu karel bergerak satu langkah lagi ke depan.

Untuk memudahkan pengertian, kita lihat screenshotnya di bawah ini.



Deskripsi II : Pada gambar di atas, karel menggandakan beepers dari 3 menjadi 6. Permasalahan kedua adalah Anda selanjutnya diminta membuat program karel tersebut yang berlaku pada semua kondisi, misal dari 1 menjadi 2, 6 menjadi 12, 10 menjadi 20 dst (kelipatan dua dari jumlah beeper sebelumnya).

Sebenarnya maksud deskripsi II itu adalah Anda harus bisa membuat algoritma yang berlaku secara universal. Wawaw, jangan khawatir, ini tantangan buat Anda.

Sebaiknya Anda mencobanya terlebih dahulu. Setelah itu Anda dapat membandingkannya dengan jawaban saya di bawah ini :

Lihat source code :
import stanford.karel.*;

public class DoublingKarel extends SuperKarel
{
 public int countBeepers=0;
 
 public void doubleBeepers()
 {
  while(beepersPresent())
  {
   pickBeeper();
   countBeepers++;
  }
  for(int i=0; i<countBeepers*2; i++)
   putBeeper();
 }
 
 public void run()
 {
  move();
  doubleBeepers();
  move();
 }

}

Anda dapat langsung mencobanya. Untuk contoh di atas saya menggunakan software eclipse SDK. Lihat juga hasilnya langsung dari komputer saya.


Perhatikan :
1. Pada saat menyimpan, nama file *.javanya harus sama dengan nama yang ada di class-nya. Untuk kasus ini, public class DoublingKarel extends SuperKarel, berarti nama filenya yang kalian buat adalah DoublingKarel.java .

2. import stanford.karel.*; adalah header untuk karel, kalau di C++ seperti <iostream.h> yang fungsi anggotanya cin dan cout.

Jika ada yang ingin ditanyakan, atau Anda tidak paham bagaimana mengompile source code tersebut pada eclipse, silahkan beri komentar di bawah ini.


=Semoga Bermanfaat=
Read more...

Waw, untuk software yang satu ini saya salut banget dah. Kenapa? Gratisssan bro!! Hehehe, maklumlah terbawa-bawa sifat anak kos-nya. Hhii. Tapi Anda harus cobain, selain gratis, software ini emang jagonya untuk masalah kompresi dan dekompresi. KGB mampu mengkompres file yang ukurannya ber-GB menjadi sangat kecil dalam beberapa MB saja (sangat kecil).

Bingung, KGB pake algoritma apa ya? Huffman atau Suannon Fano atau apa si? Daripada bingung, langsung saja kita lihat screenshotnya di bawah ini.


System requirements :
1. Processor Intel Pentium 4 (1,7 Ghz)
2. Memory RAM 256MB

Screenshot di atas masih tampilan depannya saja bro. Untuk mengetahui kualitas kerja dari software tersebut, Anda dapat langsung mencobanya. Oke!


NB : Setelah meng-klik link downloadnya, kemudian Anda klik kembali di sebelah pojok kanan atas "SKIP AD" dari site yang telah terbuka, maka Anda akan masuk ke link download sebenarnya. Maaf jika informasi ini merepotkan Anda sekalian.


=Semoga Bermanfaat=
Read more...

Baiklah, bagi yang suka programming, kali ini saya akan memberikan penyegaran otak kiri kepada Anda sekalian. Nah, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah silahkan buka eclipse Anda dan segera pecahkan masalah berikut ini.

Deskripsi I : Anda diminta untuk membuat suatu program java yang menggerakkan karel melintasi semua titik yang ada hanya satu kali, kemudian karel berhenti. Hmm, untuk lebih memudahkan pengertian, silahkan lihat screenshot di bawah ini.


Keterangan :
Pada gambar di atas kita asumsikan karel selalu berada di titik pertama (kolom pertama, baris pertama). Kemudian karel bergerak melewati semua titik yang ada sampai ke ujung lintasan, tanpa ada lebih dari satu kali titik yang dilalui.

Deskripsi II : Anda diminta program tersebut yang dapat berlaku pada semua wilayah karel, seperti 6 x 7, 10 x 10, 2 x 3 dst. Untuk gambar di atas, karel bekerja pada wilayah 7 x 7.

Sebaiknya Anda mencobanya terlebih dahulu. Setelah itu Anda dapat membandingkannya dengan jawaban saya di bawah ini.

Lihat source code :
import stanford.karel.*;
public class MovingKarel1 extends SuperKarel
{
 public void horizontally()
 {
  while(frontIsClear()) 
  {
   move();
  }
 }
 public void run()
 {
  while (frontIsClear())
  {
   horizontally();
   turnLeft();
   if(frontIsClear())
   {
    move();
    turnLeft();
   }
   
   horizontally();
   turnRight();
   if(frontIsClear())
   {
    move();
    turnRight();
   }
   
  }
  
 }

}
Anda dapat langsung mencobanya. Untuk contoh di atas saya menggunakan software eclipse SDK. Lihat juga hasilnya langsung dari komputer saya.


Perhatikan :
*) Pada saat menyimpan, nama file *.javanya harus sama dengan nama yang ada di class-nya. Untuk kasus ini, public class MovingKarel1 extends SuperKarel, berarti nama filenya yang kalian buat adalah MovingKarel1.java .

*) import stanford.karel.*; adalah header untuk karel, kalau di C++ seperti <iostream.h> yang fungsi anggotanya cin dan cout.

Jika ada yang ingin ditanyakan, atau Anda tidak paham bagaimana mengompile source code tersebut pada eclipse, silahkan beri komentar di bawah ini.


=Semoga Bermanfaat=
Read more...

Pada tutorial ini, saya akan bagikan kepada Anda sekalian bagaimana menginstruksikan agar karel meletakkan beeper di tengah-tengah lintasan. Sekilas pasti Anda berfikir sangat mudah, tetapi sebenarnya pada saat melakukannya ternyata sulit-sulit mudah.

Deskrpsi masalah I : Anda diminta untuk menggerakkan karel ke tengah lintasan, pada saat karel tiba di tengah lintasan, kemudian karel meletakkan satu buah beeper. Selanjutnya karel diam / berhenti bekerja, terminate. Untuk lebih jelasnya lihat screenshot di bawah ini.



Deskripsi II : Pada gambar di atas, karel bekerja pada wilayah 8 x 10. Permasalahan kedua adalah Anda selanjutnya diminta membuat program karel tersebut yang berlaku pada semua wilayah, misal 3 x 4, 6 x 7, 9 x 10 dll.

Sebenarnya maksud deskripsi II itu adalah Anda harus bisa membuat algoritma yang berlaku secara universal. Wawaw, jangan khawatir, ini tantangan buat Anda.

Catatan : jika lintasan karel adalah genap, maka karel meletakkan beeper di titik - jumlah lintasan dibagi dua kemudian ditambah satu. Oke, itu persetujuan kita.

Sebaiknya Anda mencobanya terlebih dahulu. Setelah itu Anda dapat membandingkannya dengan jawaban saya di bawah ini :

Lihat source code :
import stanford.karel.*; // header untuk karelnya hihi

public class InMidKarel extends SuperKarel { //SuperKarel untuk turnAround();

 public int countHorizontal = 0; //inisialisasi jumlah awal titik lintasan
 
 public void moveForward() {     //prosedur bergerak lurus
  while (frontIsClear()) {
   move();
   countHorizontal++; //menghitung titik lintasan
  }
 }
 
 public void moveHalfBackward() {  //bergerak balik
  turnAround();
  for (int i = 0; i < countHorizontal/2; i++)
   move();
  turnAround();
 }
 
 public void run() {
  moveForward();
  moveHalfBackward();
  putBeeper();
 }
 
}

Anda dapat langsung mencobanya. Untuk contoh di atas saya menggunakan software eclipse SDK.

Perhatikan :
*) Pada saat menyimpan, nama file *.javanya harus sama dengan nama yang ada di class-nya. Untuk kasus ini, public class InMidKarel extends SuperKarel, berarti nama filenya yang kalian buat adalah InMidKarel.java .

  • *) import stanford.karel.*; adalah header untuk karel, kalau di C++ seperti <iostream.h> yang fungsi anggotanya cin dan cout.

Jika ada yang ingin ditanyakan, atau Anda tidak paham bagaimana mengompile source code tersebut pada eclipse, silahkan beri komentar di bawah ini.


=Semoga Bermanfaat=
Read more...

Pada tutorial java kali ini, saya akan bagikan cara membuat karel berputar-putar pada layar. Sebelum kita masuk ke tahapannya, sedikit pemberitahuan bahwa software yang saya gunakan untuk tutorial ini adalah Eclipse SDK Version: 3.2.1 Build id: M20060921-0945.

Saya berkeyakinan bahwa Anda sudah memahami "Built-in Karel Commands" seperti move(), turnLeft(), putBeeper(), pickBeeper. Nah, langsung saja kita lihat screenshot deskprisi program yang akan saya bagikan kepada Anda sekalian.

Screenshot :

Bagaimanakah membuat program di atas? Tanda panah pada gambar di atas menyatakan lintasan yang dilalui karel secara berulang-ulang (looping). Berikut ini akan saya bagikan source codenya.

Lihat source code :
import stanford.karel.*;

public class LoopingKarel extends Karel
{
 public void moveAgain()  //Prosedur
 {
  while(frontIsClear())
   move();
 }
 
 public void run()  //Program Utama
 {
  while(frontIsClear())
  {
   moveAgain(); //Pemanggilan Nama Proseur
   turnLeft();
  }
 }

}

Penjelasan :
*) Pada saat menyimpan, nama file *.javanya harus sama dengan nama yang ada di class-nya. Untuk kasus ini, public class LoopingKarel extends Karel, berarti nama filenya yang kalian buat adalah LoopingKarel.java .

  • *) import stanford.karel.*; adalah header untuk karel, kalau di C++ seperti <iostream.h> yang fungsi anggotanya cin dan cout.

  • Untuk lebih jelasnya, Anda dapat langsung memperaktekkannya, jika ada yang ingin ditanyakan, silahkan komentar ya. Oke!

=Semoga Bermanfaat=
Read more...

Jangan salah paham dulu ya, comodo dalam konteks pembicaraan kali ini bukan binatang komodo. Melainkan salah satu antivirus terbaik di dunia. Wawaw!!! Saya sangat menyarankan Anda untuk menggunakan antivirus ini sebagai pelindung keamanan PC Anda. Kenapa? Alasannya adalah FREE. Hahahi, maklumlah terbawa-bawa nasib anak kos. Hihi

Comodo IS mengklaim bahwa firewall mereka unik karena melewati semua tes untuk memastikan integritas data yang masuk dan keluar dari sistem Anda. Comodo telah menempatkan firewall melalui segala macam tes canggih untuk memastikan firewall cukup kuat untuk menangkal serangan-serangan ini dengan pengaturan standar. Tidak ada firewall lain telah harus bekerja keras ini.

Keunggulan dari Comodo Internet Security 5.3.50343.1237 yaitu:
* Free SSL Certificat (layanan keamanan situs tingkat tinggi)
* Firewall dan Anti Virus
* Free PCI Scan
* Review engine
* Secure e-mail
* Anti Spam
* System Cleaner
* Online Backup
* Internet Security
* WIFI Security
* Secure Messaging
* Comodo Dragon (web browser)
* Anti Malware
* Remote PC Access
* Data Storage
* Internet Faxing
* dll.

Semua keputusan ada di tangan Anda. Kalau saya sih, sejak postingan ini saya bagikan, saya menjadi jatuh hati sama ini antivirus dan menjadikannya satu-satunya pelindung hati saya komputer saya.

Bagaimana Anda tertarik? Silahkan download di bawah ini, langsung dari server comodonya comodo kok punya server (keren bah).

Download di sini :
COMODO Internet Security 5.3.50343.1237 x32 (39.1 MB)
COMODO Internet Security 5.3.50343.1237 x64 (40.8 MB)
Pastikan sambungan koneksi anda tetap menyala ketika proses instalasinya.

NB : Setelah meng-klik link downloadnya, kemudian Anda klik kembali di sebelah pojok kanan atas "SKIP AD" dari site yang telah terbuka, maka Anda akan masuk ke link download sebenarnya. Maaf jika informasi ini merepotkan Anda sekalian.


=Semoga Bermanfaat=
Read more...

Collin Powell menyatakan bahwa pemimpin harus selalu mampu membuat keputusan dalam situasi yang serba terbatas. Ia bahkan memberikan formula matematis : "Kalau Anda merasa sudah mendapat antara 40 - 70% informasi yang diperlukan, ambillah keputusan itu dan gunakan naluri Anda". Pemimpin yang mempunyai kebiasaan menunda-nunda keputusan karena menunggu informasi lengkap hanya akan memperbesar reiko kegagalan terhadap masalah di tangan.

Para senior merumuskan dalam empat tingkatan pengambilan keputusan yang bisa dijabarkan dalam sub-sub level berikutnya.

1.    Sensing-Thinking Decision; keputusan yang diambil secara amat hati-hati. Tingkat kesalahan dengan model ini relatif kecil. Waktu yang digunakan lebih lama karena mempertimbangkan banyak hal. Jika terbiasa dengan cara ini tidak akan ada lompatan pencapain. Semua berjalan secara linier dan evolutif. Tentu ini tidak salah karena piihan mudah dan aman serta selamat sampai tujuan.   Cara pengambilan keputusan ini memadukan antara mengamati dan mengindera informasi dan memastikan secara benar serta mengerahkan piker untuk memutuskannya.

2.   Sensing-Feeling Decision; keputusan diambil dengan memadukan pengamatan,penginderaan dengan perasaan. Risiko yang muncul lebih besar karena melibatkan perasaan  yang bisa saja salah tafsir. Kecepatan keputusan bisa dihandalkan dan terkadang mengejutkan. Berbeda dengan cara pengambilan putusan sebelumnya, cara ini bisa sebagai pemecah kebekuan jika saatnya tepat. Kepekaan rasa memungkinkan dilatihkan untuk keputusan-keputusan sederhana dan secara bertahap bisa ditingkatkan. Pada keputusan kedua, ketiga dan seterusnya akan terasa lebih enjoi dan tanpa was-was lagi.

3.    Thinking-Intuiting Dicision; pengambilan keputusan dengan pengumpulan informasi secara intuisi dan menyikapinya dengan mengandalkan pikir. Data dari intuisi tentu tidak seakurat sensing. Berpikir keras dari informasi sepotong-sepotong dalam rangka memperkecil risiko. Kecepatan keputusan tidak secepat pada penyikapan feeling namun penangkapan informasi menjadi peluang bisa dihandalkan. Kebanyakan para pengambil keputusan dengan cara ini adalah para intrapreneur yang beranjak ke self-employee.

4.     Feeling-Intuiting Dicision; pengambilan keputusan ini sangat berisiko tinggi.Hasil keputusan bisa cepat dengan hasil menakjubkan namun sebaliknya bisa fatal dan mencelakakan jika salah. Para spekulan menyenangi proses pengambilan keputusan  dengan cara ini. Entrepreneur perlu merenung untuk melaksanakan keputusan model ini. Para pemimpin besar, tokoh dengan predikat figur lekatan biasa menempuh cara ini saat keputusan cepatnya ditunggu pengikutnya.

Dari keempat tingkatan proses pengambilan keputusan itu pastilah tidak secara murni dan hitam putih dilaksanakan. Dalam kenyataan di masyarakat selalu ada proses saling mempengaruhi antar unsur pendukung. Tidak ada seorangpun yang secara sengaja mengambil putusan tanpa memperhitungkan risiko. Jika ada yang mencoba menggunakan cara Feeling-Intuiting secara penuh tentu itu berlaku untuk keputusan yang tidak berisiko besar. Demikian sebaliknya jika selama ini banyak ilmuwan dengan pendekatan serba kuantitatif dipadu model Sensing-Thinking biasanya untuk sebuah keputusan yang berisiko amat besar.

Optimalnya, segala pengambilan keputusan sebaiknya didasarkan pada hal-hal berikut dengan mengkombinasikan secara cermat sesuai dengan situasi dan kepekaan yang dimiliki. Unsur-unsur tersebut adalah; Informasi dengan segala tingkatan urgensinya, ilmu yang melatarbelakangi, intuisi yang senantiasa diasah serta inisiatif untuk memutuskannya.

Daftar Reference :
1.      Bhide Amard, How Entrepreneur Craft Strategic that Work, Harvard Business Review ,90
2.      Charles Handy , Era Paradoks,99
3.      Linda Pinson, Steps to Small Business Start Up, 97
4.      Tanri Abeng, Manejemen dalan Perspektif, 97
5.      Bahan Kuliah Pengetahuan Bisnis, kalis, 07

Semoga informasi di atas bermanfaat untuk kita semua. Jangan lupa tinggalkan komentarnya ya.
Read more...

Mungkin kita semua sudah tahu bahwa "konsep perubahan adalah seseorang itu berubah bukan karena tahu tetapi karena paham". Tidaklah cukup bagi seseorang hanya sekadar mengetahui nama-nama dan sifat dasar dari kepribadian yang baik. Adalah teramat penting untuk disadari melalui banyak latihan dan perilaku yang tepat untuk mengembangkan kepribadian dan karakter. Tetapi bukanlah untuk mencapai sesuatu yang dibuat-buat.

Pada posting kali ini ingin sekali menyampaikan kepada Anda sekali betapa pentingnya untuk membentuk kepribadian yang baik. Untuk memulai diri melalui proses pembelajaran pembentukan kepribadian, maka kita harus memahami pentingnya kepribadian. Nah, untuk memudahkan pengertian, baiklah saya buka dengan sebuah studi kasus betapa pentingnya kepribadian yang saya kutip dari sebuah buku yang berjudul "Great Personality Plus karangan Roy Newton". Mari sama-sama kita simak ceritanya di bawah ini!

Baru-baru ini seorang dokter gigi mencari asisten pada biro penempatan kerja di Universitas besar Midwestern. Dia berpesan kepada Direkturnya, "Jangan mengajukan gadismu yang paling cerdas maupun gadis yang memiliki prestasi akademik terbaik. Yang kuinginkan adalah gadis yang rapi, berbusana serasi, dan mampu menerima pasienku. Biarkan aku mewawancarai gadis dengan prestasi akademik rata-rata tetapi berkepribadian super.

Nah, bagaimana pendapat Anda mengenai studi kasus di atas? Permintaan dokter gigi tersebut senada dengan ribuan permintaan lainnya yang diajukan ke biro penempatan dan badan tenaga kerja.

Apakah hal tersebut adil atau tidak? Coba Anda bayangkan bila dokter gigi tersebut menerima asisten dengan prestasi akademik yang tinggi tetapi berkepribaian buruk, apa yang akan terjadi? Dan bagaimana mungkin seorang pasien yang menderita sakit di giginya dilayani dengan seseorang yang tidak terlihat ramah ketika akan mengobatinya. Bukannya penyakit semakin sembuh, tapi malah semakin tidak baik karena perasaan tidak nyaman ketika diobati.

Kita sekarang ini tengah hidup pada zaman yang menuntut teramat pentingnya kualitas-kualitas dan kebiasaan-kebiasaan pada riasan individu yang secara umum terwujud dalam kata "kepribadian". Sekolah-sekolah professional menuntut sebagai syarat masuknya tidak hanya IQ tinggi dan raport SMU yang luar biasa, sebagaimana satu universitas menggunakannya "kualitas-kualitas pribadi tertentu yang tanpanya kemungkinan besar individu tersebut tidak akan sukses". Tampaknya sulit untuk menembus sekolah kedokteran gigi atau kedokteran umum apabila seseorang memiliki kepribadian negatif dan tidak menarik.

Sekolah-sekolah professional memiliki alasan yang kuat untuk menuntut nilai kepribadian yang tinggi terhadap mahasiswanya. Jika sekolah saja menginginkan siswanya memiliki nilai kepribadian menarik, lalu bagaimana pula di sebuah perusahaan yang bonafit? Sudah barang tentu pula kepribadian yang menarik haruslah dimiliki seseorang yang ingin agar karirnya mengalami peningkatan.

Semaoga informasi di atas bermanfaat untuk kita semua.
Read more...

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Adsense Indonesia adf.ly - shorten links and earn money!
Share