Ayo gabung di kumpulblogger.com kemudahan mencari uang di dunia maya.

Baiklah, bagi yang suka programming, kali ini saya akan memberikan penyegaran otak kiri kepada Anda sekalian. Nah, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah silahkan buka eclipse Anda dan segera pecahkan masalah berikut ini.

Deskripsi I : Anda diminta untuk membuat suatu program java yang menggerakkan karel melintasi semua titik yang ada hanya satu kali, kemudian karel berhenti. Hmm, untuk lebih memudahkan pengertian, silahkan lihat screenshot di bawah ini.


Keterangan :
Pada gambar di atas kita asumsikan karel selalu berada di titik pertama (kolom pertama, baris pertama). Kemudian karel bergerak melewati semua titik yang ada sampai ke ujung lintasan, tanpa ada lebih dari satu kali titik yang dilalui.

Deskripsi II : Anda diminta program tersebut yang dapat berlaku pada semua wilayah karel, seperti 6 x 7, 10 x 10, 2 x 3 dst. Untuk gambar di atas, karel bekerja pada wilayah 7 x 7.

Sebaiknya Anda mencobanya terlebih dahulu. Setelah itu Anda dapat membandingkannya dengan jawaban saya di bawah ini.

Lihat source code :
import stanford.karel.*;
public class MovingKarel1 extends SuperKarel
{
 public void horizontally()
 {
  while(frontIsClear()) 
  {
   move();
  }
 }
 public void run()
 {
  while (frontIsClear())
  {
   horizontally();
   turnLeft();
   if(frontIsClear())
   {
    move();
    turnLeft();
   }
   
   horizontally();
   turnRight();
   if(frontIsClear())
   {
    move();
    turnRight();
   }
   
  }
  
 }

}
Anda dapat langsung mencobanya. Untuk contoh di atas saya menggunakan software eclipse SDK. Lihat juga hasilnya langsung dari komputer saya.


Perhatikan :
*) Pada saat menyimpan, nama file *.javanya harus sama dengan nama yang ada di class-nya. Untuk kasus ini, public class MovingKarel1 extends SuperKarel, berarti nama filenya yang kalian buat adalah MovingKarel1.java .

*) import stanford.karel.*; adalah header untuk karel, kalau di C++ seperti <iostream.h> yang fungsi anggotanya cin dan cout.

Jika ada yang ingin ditanyakan, atau Anda tidak paham bagaimana mengompile source code tersebut pada eclipse, silahkan beri komentar di bawah ini.


=Semoga Bermanfaat=

Comments (0)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Adsense Indonesia adf.ly - shorten links and earn money!
Share