Ayo gabung di kumpulblogger.com kemudahan mencari uang di dunia maya.

Postingan java programming kali ini masih tentang karel. Di sini saya akan bagikan kepada Anda mengenai permasalahan karel dengan tingkat kesulitan yang mudah. Sehingga bagi Anda yang baru memulai java, dapat mencoba untuk menyelesaikannya.

Deskripsi I : Anda diminta untuk membuat program java yang menggerakkan karel, kemudian menginstruksikannya untuk mengambil sebuah beeper pada titik tertentu yang telah dirancang kondisinya. Untuk lebih memudahkan pengertian, langsung saja kita lihat screenshot permasalahannya di bawah ini.


Deskripsi II : Gambar tersebut menjelaskan bahwa, ketika karel telah mengambil sebuah beeper, kemudian karel kembali ke tempat asal dimana karel itu berada pertama kali sebelum menerima instruksi apa pun.

Untuk permasalahan di atas memiliki banyak cara penyelesaian. Meskipun cara yang diterapkan berbeda dengan cara yang saya bagikan pada postingan ini, tetapi hasilnya harus sama. Oleh karena itu, sebaiknya Anda mencobanya terlebih dahulu, kemudian membandingkannya dengan jawaban saya. Jadikan sebagai referensi. Oke!

Lihat source code :
/*
 * File: CollectNewspaperKarel.java
 * --------------------------------
 * At present, the CollectNewspaperKarel subclass does nothing.
 * Your job in the assignment is to add the necessary code to
 * instruct Karel to walk to the door of its house, pick up the
 * newspaper (represented by a beeper, of course), and then return
 * to its initial position in the upper left corner of the house.
 */

import stanford.karel.*;

public class CollectNewspaperKarel extends SuperKarel {
 
 public void turnAround() {
  turnLeft();
  turnLeft();
  }
  
 public void turnRight() {
  turnAround();
  turnLeft();
  }
  
 public void run() {
  turnRight();
  move();
  turnLeft();
  for(int i=0;i<3;i++) {
  move();
   }
  pickBeeper();
  turnLeft();
  turnLeft();
  while(!frontIsBlocked()) {
   move();
   }
  for (int i=0;i<3;i++) {
   turnLeft();
   }
  move();
  for (int i=0;i<3;i++) {
   turnLeft();
   }
  }
}

Lihat juga di bawah ini, output program dari source code di atas, langsung dari komputer saya. Oke!


Jika ada yang ingin ditanyakan mengenai program di atas, Anda dapat memberikan komentar di bawah ini. Oke!
Read more...

Alamagz edisi maret telah resmi direlease. Kini alamagz tampil dengan desain yang lebih menarik. Semua informasi yang sedang buming dalam satu bulan ini dirangkum oleh majalah ini.

Sejak edisi perdana alamagz di release, saya benar-benar tertarik sekali dengan majalah tersebut. Selain mengingatkan saya akan akhirat, juga tidak lupanya majalah ini mengingatkan saya akan dunia. Benar-benar majalah yang dirancang dengan pola yang rapi. Langsung saja kita lihat screenshot-nya di bawah ini :


Alamagz ini dirancang oleh mahasiswa kreatif dari organisasi BKM Al-Khuwarizmi Ilmu Komputer USU. Benar-benar original. Saya sangat menyarankan kepada Anda sekalin untuk membaca artikel ini. Bermanfaat sekali informasi yang disampaikan. Cobain ya agan-agan.

Download di sini :
4Shared | Alamagz Magazine #1.exe (36 MB)


NB : Setelah meng-klik link downloadnya, kemudian Anda klik kembali di sebelah pojok kanan atas "SKIP AD" dari site yang telah terbuka, maka Anda akan masuk ke link download sebenarnya. Maaf jika informasi ini merepotkan Anda sekalian.

Sumber :
BKM Al-Khuwarizmi Ilmu Komputer USU


=Semoga Bermanfaat=
Read more...

Assalamu'alaikum Wr.Wb.. Postingan kali ini sangat unik. Di tengah-tengah pertarungan sengit melawan gempuran Mid Test, saya sempat-sempatnya untuk membagi informasi ini kepada Anda sekalin.

Apa itu ALAMAGZ? Adalah majalah elektronis berbasis flash (tebakan saya) yang menyajikan sejumlah informasi penyejuk hati dan pikiran. Mau baca artikel tentang agama? Ada di ALAMAGZ, mau baca artikel tentang IT, ada juga, mau info kesehatan, ada juga. Semuanya komplit ada di majalah elektronis ALAMAGZ.

Ini dia screenshotnya :


Selain itu, majalah ini juga didesain sangat interaktif banget. Hayoo buruan sedoot, gratisan lo. Mungkin dengan desainnya yang menarik, bisa menambah inspirasi Anda untuk membuat hal-hal yang baru.

Anda tertarik? Silahkan download di bawah ini.

Download di sini :
Mediafire | Alamagz Magazine #1.exe


NB : Setelah meng-klik link downloadnya, kemudian Anda klik kembali di sebelah pojok kanan atas "SKIP AD" dari site yang telah terbuka, maka Anda akan masuk ke link download sebenarnya. Maaf jika informasi ini merepotkan Anda sekalian.

Sumber :
BKM Al-Khuwarizmi Ilmu Komputer USU


=Semoga Bermanfaat=
Read more...

Yuk, nge-java lagi yuk. Nah kali ini, saya mengajak Anda untuk menyelesaikan permasalahan karel yang terbilang mudah, yah mudah tapi sulit juga. Gak usah lama-lama, silahkan buka eclipse-nya, okay.

Deskripsi I : Anda diminta untuk membuat sebuah program java yang menggerakkan karel maju ke depan, dan mengisi setiap celah di sebelah kanan karel dengan sebuah beeper. Jika tidak ada celah, maka karel tetap berjalan sampai ujung titik.

Untuk lebih memudahkan pengertian, langsung saja kita lihat screenshot-nya di bawah ini.


Deskripsi II : Program yang Anda buat harus sesuai dengan semua kondisi. Maksudnya adalah jika posisi letak celah berbeda dengan gambar di atas, maka karel tetap akan melakukan pengisian beeper pada celah dengan benar

Sebenarnya maksud deskripsi II itu adalah Anda harus bisa membuat algoritma yang berlaku secara universal. Wawaw, jangan khawatir, ini tantangan buat Anda.

Sebaiknya Anda mencobanya terlebih dahulu. Setelah itu Anda dapat membandingkannya dengan jawaban saya di bawah ini :

Lihat source code :
import stanford.karel.*;

public class RoadPavingKarel extends SuperKarel {
 
 public void fillHole() {
  turnRight();
  move();
  if (noBeepersPresent()) 
   putBeeper();
  turnAround();
  move();
  turnRight();
 }
 
 public void checkHole() {
  if (rightIsClear()) {
   fillHole();
  }
 }
 
 public void run() {
  while (frontIsClear()) {
   checkHole();
   move();
  }
  checkHole();
 }
}

Anda dapat langsung mencobanya. Untuk contoh di atas saya menggunakan software eclipse SDK. Dan silahkan lihat output programnya di bawah ini, langsung dari komputer saya.



Perhatikan :
1. Pada saat menyimpan, nama file *.javanya harus sama dengan nama yang ada di class-nya. Untuk kasus ini, public class DoublingKarel extends SuperKarel, berarti nama filenya yang kalian buat adalah DoublingKarel.java .

2. import stanford.karel.*; adalah header untuk karel, kalau di C++ seperti <iostream.h> yang fungsi anggotanya cin dan cout.

Jika ada yang ingin ditanyakan, atau Anda tidak paham bagaimana mengompile source code tersebut pada eclipse, silahkan beri komentar di bawah ini.


=Semoga Bermanfaat=
Read more...

Hayo semangat, posting java progamming kali ini masih tentang karel. Dengan masalah yang mudah, mudah tapi sulit. Deskripsi masalah yang saya angkat kali ini adalah soal UTS dari sekolah saya. Apakah Anda sudah siap?

Deskripsi I : Asumsikan karel berada pada kolom pertama, baris pertama. Tepat satu langkah di depan karel ada beepers. Persoalannya adalah Anda diminta untuk membuat program java yang menggerakkan karel tersebut satu langkah ke depan, kemudian menggandakan jumlah beepers yang ada dan meletakkan beepers hasil penggandaaan, lalu karel bergerak satu langkah lagi ke depan.

Untuk memudahkan pengertian, kita lihat screenshotnya di bawah ini.



Deskripsi II : Pada gambar di atas, karel menggandakan beepers dari 3 menjadi 6. Permasalahan kedua adalah Anda selanjutnya diminta membuat program karel tersebut yang berlaku pada semua kondisi, misal dari 1 menjadi 2, 6 menjadi 12, 10 menjadi 20 dst (kelipatan dua dari jumlah beeper sebelumnya).

Sebenarnya maksud deskripsi II itu adalah Anda harus bisa membuat algoritma yang berlaku secara universal. Wawaw, jangan khawatir, ini tantangan buat Anda.

Sebaiknya Anda mencobanya terlebih dahulu. Setelah itu Anda dapat membandingkannya dengan jawaban saya di bawah ini :

Lihat source code :
import stanford.karel.*;

public class DoublingKarel extends SuperKarel
{
 public int countBeepers=0;
 
 public void doubleBeepers()
 {
  while(beepersPresent())
  {
   pickBeeper();
   countBeepers++;
  }
  for(int i=0; i<countBeepers*2; i++)
   putBeeper();
 }
 
 public void run()
 {
  move();
  doubleBeepers();
  move();
 }

}

Anda dapat langsung mencobanya. Untuk contoh di atas saya menggunakan software eclipse SDK. Lihat juga hasilnya langsung dari komputer saya.


Perhatikan :
1. Pada saat menyimpan, nama file *.javanya harus sama dengan nama yang ada di class-nya. Untuk kasus ini, public class DoublingKarel extends SuperKarel, berarti nama filenya yang kalian buat adalah DoublingKarel.java .

2. import stanford.karel.*; adalah header untuk karel, kalau di C++ seperti <iostream.h> yang fungsi anggotanya cin dan cout.

Jika ada yang ingin ditanyakan, atau Anda tidak paham bagaimana mengompile source code tersebut pada eclipse, silahkan beri komentar di bawah ini.


=Semoga Bermanfaat=
Read more...

Waw, untuk software yang satu ini saya salut banget dah. Kenapa? Gratisssan bro!! Hehehe, maklumlah terbawa-bawa sifat anak kos-nya. Hhii. Tapi Anda harus cobain, selain gratis, software ini emang jagonya untuk masalah kompresi dan dekompresi. KGB mampu mengkompres file yang ukurannya ber-GB menjadi sangat kecil dalam beberapa MB saja (sangat kecil).

Bingung, KGB pake algoritma apa ya? Huffman atau Suannon Fano atau apa si? Daripada bingung, langsung saja kita lihat screenshotnya di bawah ini.


System requirements :
1. Processor Intel Pentium 4 (1,7 Ghz)
2. Memory RAM 256MB

Screenshot di atas masih tampilan depannya saja bro. Untuk mengetahui kualitas kerja dari software tersebut, Anda dapat langsung mencobanya. Oke!


NB : Setelah meng-klik link downloadnya, kemudian Anda klik kembali di sebelah pojok kanan atas "SKIP AD" dari site yang telah terbuka, maka Anda akan masuk ke link download sebenarnya. Maaf jika informasi ini merepotkan Anda sekalian.


=Semoga Bermanfaat=
Read more...

Baiklah, bagi yang suka programming, kali ini saya akan memberikan penyegaran otak kiri kepada Anda sekalian. Nah, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah silahkan buka eclipse Anda dan segera pecahkan masalah berikut ini.

Deskripsi I : Anda diminta untuk membuat suatu program java yang menggerakkan karel melintasi semua titik yang ada hanya satu kali, kemudian karel berhenti. Hmm, untuk lebih memudahkan pengertian, silahkan lihat screenshot di bawah ini.


Keterangan :
Pada gambar di atas kita asumsikan karel selalu berada di titik pertama (kolom pertama, baris pertama). Kemudian karel bergerak melewati semua titik yang ada sampai ke ujung lintasan, tanpa ada lebih dari satu kali titik yang dilalui.

Deskripsi II : Anda diminta program tersebut yang dapat berlaku pada semua wilayah karel, seperti 6 x 7, 10 x 10, 2 x 3 dst. Untuk gambar di atas, karel bekerja pada wilayah 7 x 7.

Sebaiknya Anda mencobanya terlebih dahulu. Setelah itu Anda dapat membandingkannya dengan jawaban saya di bawah ini.

Lihat source code :
import stanford.karel.*;
public class MovingKarel1 extends SuperKarel
{
 public void horizontally()
 {
  while(frontIsClear()) 
  {
   move();
  }
 }
 public void run()
 {
  while (frontIsClear())
  {
   horizontally();
   turnLeft();
   if(frontIsClear())
   {
    move();
    turnLeft();
   }
   
   horizontally();
   turnRight();
   if(frontIsClear())
   {
    move();
    turnRight();
   }
   
  }
  
 }

}
Anda dapat langsung mencobanya. Untuk contoh di atas saya menggunakan software eclipse SDK. Lihat juga hasilnya langsung dari komputer saya.


Perhatikan :
*) Pada saat menyimpan, nama file *.javanya harus sama dengan nama yang ada di class-nya. Untuk kasus ini, public class MovingKarel1 extends SuperKarel, berarti nama filenya yang kalian buat adalah MovingKarel1.java .

*) import stanford.karel.*; adalah header untuk karel, kalau di C++ seperti <iostream.h> yang fungsi anggotanya cin dan cout.

Jika ada yang ingin ditanyakan, atau Anda tidak paham bagaimana mengompile source code tersebut pada eclipse, silahkan beri komentar di bawah ini.


=Semoga Bermanfaat=
Read more...

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Adsense Indonesia adf.ly - shorten links and earn money!
Share