Ayo gabung di kumpulblogger.com kemudahan mencari uang di dunia maya.

Pada tutorial ini, saya akan bagikan kepada Anda sekalian bagaimana menginstruksikan agar karel meletakkan beeper di tengah-tengah lintasan. Sekilas pasti Anda berfikir sangat mudah, tetapi sebenarnya pada saat melakukannya ternyata sulit-sulit mudah.

Deskrpsi masalah I : Anda diminta untuk menggerakkan karel ke tengah lintasan, pada saat karel tiba di tengah lintasan, kemudian karel meletakkan satu buah beeper. Selanjutnya karel diam / berhenti bekerja, terminate. Untuk lebih jelasnya lihat screenshot di bawah ini.



Deskripsi II : Pada gambar di atas, karel bekerja pada wilayah 8 x 10. Permasalahan kedua adalah Anda selanjutnya diminta membuat program karel tersebut yang berlaku pada semua wilayah, misal 3 x 4, 6 x 7, 9 x 10 dll.

Sebenarnya maksud deskripsi II itu adalah Anda harus bisa membuat algoritma yang berlaku secara universal. Wawaw, jangan khawatir, ini tantangan buat Anda.

Catatan : jika lintasan karel adalah genap, maka karel meletakkan beeper di titik - jumlah lintasan dibagi dua kemudian ditambah satu. Oke, itu persetujuan kita.

Sebaiknya Anda mencobanya terlebih dahulu. Setelah itu Anda dapat membandingkannya dengan jawaban saya di bawah ini :

Lihat source code :
import stanford.karel.*; // header untuk karelnya hihi

public class InMidKarel extends SuperKarel { //SuperKarel untuk turnAround();

 public int countHorizontal = 0; //inisialisasi jumlah awal titik lintasan
 
 public void moveForward() {     //prosedur bergerak lurus
  while (frontIsClear()) {
   move();
   countHorizontal++; //menghitung titik lintasan
  }
 }
 
 public void moveHalfBackward() {  //bergerak balik
  turnAround();
  for (int i = 0; i < countHorizontal/2; i++)
   move();
  turnAround();
 }
 
 public void run() {
  moveForward();
  moveHalfBackward();
  putBeeper();
 }
 
}

Anda dapat langsung mencobanya. Untuk contoh di atas saya menggunakan software eclipse SDK.

Perhatikan :
*) Pada saat menyimpan, nama file *.javanya harus sama dengan nama yang ada di class-nya. Untuk kasus ini, public class InMidKarel extends SuperKarel, berarti nama filenya yang kalian buat adalah InMidKarel.java .

  • *) import stanford.karel.*; adalah header untuk karel, kalau di C++ seperti <iostream.h> yang fungsi anggotanya cin dan cout.

Jika ada yang ingin ditanyakan, atau Anda tidak paham bagaimana mengompile source code tersebut pada eclipse, silahkan beri komentar di bawah ini.


=Semoga Bermanfaat=
Read more...

Pada tutorial java kali ini, saya akan bagikan cara membuat karel berputar-putar pada layar. Sebelum kita masuk ke tahapannya, sedikit pemberitahuan bahwa software yang saya gunakan untuk tutorial ini adalah Eclipse SDK Version: 3.2.1 Build id: M20060921-0945.

Saya berkeyakinan bahwa Anda sudah memahami "Built-in Karel Commands" seperti move(), turnLeft(), putBeeper(), pickBeeper. Nah, langsung saja kita lihat screenshot deskprisi program yang akan saya bagikan kepada Anda sekalian.

Screenshot :

Bagaimanakah membuat program di atas? Tanda panah pada gambar di atas menyatakan lintasan yang dilalui karel secara berulang-ulang (looping). Berikut ini akan saya bagikan source codenya.

Lihat source code :
import stanford.karel.*;

public class LoopingKarel extends Karel
{
 public void moveAgain()  //Prosedur
 {
  while(frontIsClear())
   move();
 }
 
 public void run()  //Program Utama
 {
  while(frontIsClear())
  {
   moveAgain(); //Pemanggilan Nama Proseur
   turnLeft();
  }
 }

}

Penjelasan :
*) Pada saat menyimpan, nama file *.javanya harus sama dengan nama yang ada di class-nya. Untuk kasus ini, public class LoopingKarel extends Karel, berarti nama filenya yang kalian buat adalah LoopingKarel.java .

  • *) import stanford.karel.*; adalah header untuk karel, kalau di C++ seperti <iostream.h> yang fungsi anggotanya cin dan cout.

  • Untuk lebih jelasnya, Anda dapat langsung memperaktekkannya, jika ada yang ingin ditanyakan, silahkan komentar ya. Oke!

=Semoga Bermanfaat=
Read more...

Jangan salah paham dulu ya, comodo dalam konteks pembicaraan kali ini bukan binatang komodo. Melainkan salah satu antivirus terbaik di dunia. Wawaw!!! Saya sangat menyarankan Anda untuk menggunakan antivirus ini sebagai pelindung keamanan PC Anda. Kenapa? Alasannya adalah FREE. Hahahi, maklumlah terbawa-bawa nasib anak kos. Hihi

Comodo IS mengklaim bahwa firewall mereka unik karena melewati semua tes untuk memastikan integritas data yang masuk dan keluar dari sistem Anda. Comodo telah menempatkan firewall melalui segala macam tes canggih untuk memastikan firewall cukup kuat untuk menangkal serangan-serangan ini dengan pengaturan standar. Tidak ada firewall lain telah harus bekerja keras ini.

Keunggulan dari Comodo Internet Security 5.3.50343.1237 yaitu:
* Free SSL Certificat (layanan keamanan situs tingkat tinggi)
* Firewall dan Anti Virus
* Free PCI Scan
* Review engine
* Secure e-mail
* Anti Spam
* System Cleaner
* Online Backup
* Internet Security
* WIFI Security
* Secure Messaging
* Comodo Dragon (web browser)
* Anti Malware
* Remote PC Access
* Data Storage
* Internet Faxing
* dll.

Semua keputusan ada di tangan Anda. Kalau saya sih, sejak postingan ini saya bagikan, saya menjadi jatuh hati sama ini antivirus dan menjadikannya satu-satunya pelindung hati saya komputer saya.

Bagaimana Anda tertarik? Silahkan download di bawah ini, langsung dari server comodonya comodo kok punya server (keren bah).

Download di sini :
COMODO Internet Security 5.3.50343.1237 x32 (39.1 MB)
COMODO Internet Security 5.3.50343.1237 x64 (40.8 MB)
Pastikan sambungan koneksi anda tetap menyala ketika proses instalasinya.

NB : Setelah meng-klik link downloadnya, kemudian Anda klik kembali di sebelah pojok kanan atas "SKIP AD" dari site yang telah terbuka, maka Anda akan masuk ke link download sebenarnya. Maaf jika informasi ini merepotkan Anda sekalian.


=Semoga Bermanfaat=
Read more...

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Share