Ayo gabung di kumpulblogger.com kemudahan mencari uang di dunia maya.

Pada tutorial java kali ini, saya akan bagikan cara membuat karel berputar-putar pada layar. Sebelum kita masuk ke tahapannya, sedikit pemberitahuan bahwa software yang saya gunakan untuk tutorial ini adalah Eclipse SDK Version: 3.2.1 Build id: M20060921-0945.

Saya berkeyakinan bahwa Anda sudah memahami "Built-in Karel Commands" seperti move(), turnLeft(), putBeeper(), pickBeeper. Nah, langsung saja kita lihat screenshot deskprisi program yang akan saya bagikan kepada Anda sekalian.

Screenshot :

Bagaimanakah membuat program di atas? Tanda panah pada gambar di atas menyatakan lintasan yang dilalui karel secara berulang-ulang (looping). Berikut ini akan saya bagikan source codenya.

Lihat source code :
import stanford.karel.*;

public class LoopingKarel extends Karel
{
 public void moveAgain()  //Prosedur
 {
  while(frontIsClear())
   move();
 }
 
 public void run()  //Program Utama
 {
  while(frontIsClear())
  {
   moveAgain(); //Pemanggilan Nama Proseur
   turnLeft();
  }
 }

}

Penjelasan :
*) Pada saat menyimpan, nama file *.javanya harus sama dengan nama yang ada di class-nya. Untuk kasus ini, public class LoopingKarel extends Karel, berarti nama filenya yang kalian buat adalah LoopingKarel.java .

  • *) import stanford.karel.*; adalah header untuk karel, kalau di C++ seperti <iostream.h> yang fungsi anggotanya cin dan cout.

  • Untuk lebih jelasnya, Anda dapat langsung memperaktekkannya, jika ada yang ingin ditanyakan, silahkan komentar ya. Oke!

=Semoga Bermanfaat=

Comments (2)

On 26 Maret 2011 21.03 , halimah mengatakan...

follow balik no 35 sob

 
On 27 Maret 2011 01.13 , Cafe Programs mengatakan...

OKe, makasih ya Halimah. Sering-sering maen ke sini ya.

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Share